Thursday, November 11, 2004

Macam2 Tauhid

Apa maksud Allah mengutus para Rasul?
Allah mengutus mereka supaya berdakwah kepada manusia untk beribadah kepada Allah dan menjadi syirik, sebagaimana firman Allah, "Dan sungguh telah Kami utus kepada setiap umat itu seorang rasul (agar menyeru kepada umatnya), 'Beribadahlah kepada Allah dan jauhilah thaghut." (an-Nahl: 36)
Dan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Para nabi itu bersaudara … dan dien mereka satu." (HR. Bukhari–Muslim)

Apa yang dimaksud tauhid rububiyah?

Tauhid rububiyah adalah mentauhidkan tugas-tugas-Nya seperti menciptakan, memelihara dan lain sebagainya. Allah berfirman, "Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam." (al-Fatihah: 2)
Dan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Engkau Rabb langit dan bumi." (HR. Bukhari-Muslim)

Apa yang dimaksud tauhid uluhiyah?

Tauhid uluhiyah adalah mentauhidkan Allah dalam beribadah seperti berdoa, menyembelih qurban, bernadzar dan lain sebagainya. Allah berfirman, "Dan Ilahmu itu adalah ilah yang satu, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Dia yang Maha Pengasih dan Penyayang." (al-Baqarah: 163)
Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Maka hendaklah pertama yang kamu serukan pada mereka adalah persaksian bahwa tidak ada illah yang berhak disembah kecuali Allah." (HR. Bukhari-Muslim)
"Sampai mereka mentauhidkan Allah."

Apa yang dimaksud tauhid asma’ dan sifat Allah?
Tauhid asma’ dan sifat adalah menetapkan apa-apa yang Allah mensifati diri-Nya dalam kitab-Nya atau sebagaimana Rasul mensifati-Nya dalam hadits shahih sesuai dengan hakikatnya tanpa ta’wil, pengurangan, tamsil (permisalan), dan penambahan, seperti istiwa’, turun (ke langit dunia), dan lain-lain yang menuju pada kesempurnaan-Nya.
Allah berfirman, "Tidak ada sesuatu pun yang menyerupai Dia, sedang Dia Maha mendengar lagi Maha Melihat." (asy-Syura: 11)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Allah turun ke langit dunia pada setiap malam." (HR.Muslim) (turunnya Allah itu turun dengan segala kemulian-Nya yang seorang pun dari makhluk-Nya tidak bisa menyamai-Nya).

Di mana Allah?
Allah itu bersemayam di atas ‘Arsy di atas langit, seperti firman Allah, "Ar-Rahman (yang Maha Pengasih) yang bersemayam di atas ‘Arsy." (Thaha: 5)
Dan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Sesungguhnya Allah telah menuliskan taqdir, maka kitab catatan taqdir itu ada di sisi-Nya di atas ‘Arsy." (HR. Bukhari-Muslim)

Apakah Allah bersama kita?

Allah bersama kita dengan pendengaran-Nya. Penglihatan-Nya dan ilmu-Nya, sebagaimana firman Allah, "Janganlah kamu berdua takut, karena sesungguhnya Aku bersama kamu berdua (Musa dan Harun) sedangkan Aku mendengar dan melihat." (Thaha: 46)
Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Sesungguhnya kalian berdoa kepada yang Maha Mendengar lagi dekat, sedangkan Dia bersamamu (dengan ilmu-Nya)." (HR. Muslim)

Apa faedah tauhid?
Faedah tauhid adalah untuk menyelamatkan dari siksa di akhirat, untuk mendapatkan hidayah di dunia dan menutup/menghapus dosa-dosa, seperti firman Allah, "Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezhaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapatkan keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.' (al-An’am: 82)
Dan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Hak hamba atas Allah adalah bahwa Allah tak akan mengadzab orang yang tidak berbuat syirik sedikit pun kepada-Nya." (HR. Bukhari-Muslim)


[dari kitab Koreksi Aqidahmu (Khud Aqidataka), Penulis Muhammad bin Jamil Zainu, Penerjemah Abu Hamdan, Penerbit Pustaka Istiqomah, Surakarta, Cetakan I, Rajab 1415 H/ Januari 1995, Halaman 8-14]

0 Comments:

Post a Comment

<< Home