Thursday, October 07, 2004

Janji Allah Bagi yang Menikah

1. Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orangyang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki danperempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengankarunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (Pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (AnNur: 32)
2. Ada tiga golongan manusia yang berhak Allah tolong mereka, yaitu seorangmujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka danseorang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya. (HR. Ahmad 2:251, Nasaiy, Tirmidzi, Ibnu Majah hadits no. 2518, dan Hakim 2: 160)
3. "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya."(Saba': 39). Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Nabi SAW bersabda: "Setiap pagi ada duamalaikat yang datang kepada seseorang, yang satu berdoa: "Ya Allah,berikanlah ganti kepada orang yang menafkahkan hartanya." Dan yang lainberdoa: "Ya Allah, binasakanlah harta orang yang kikir." (HR. Bukhari danMuslim, Buku Riyadush Shalihin ).
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Rasulullah SAW, bersabda: "Satu dinaryang kamu nafkahkan di jalan Allah, satu dinar yang kamu nafkahkan untukmemerdekakan budak, satu dinar yang kamu berikan kepada orang miskin dansatu dinar yang kamu nafkahkan kepada keluargamu, maka yang paling besarpahalanya yaitu satu dinar yang kamu nafkahkan kepada keluargamu." (HRMuslim, Buku Riyadush Shalihin Bab Memberi nafkah terhadap keluarga).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home